Penyebab Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil

Posted by

Secara umum, sakit pinggang merupakan gangguan otot, sendi ataupun tulang yang bisa dialami oleh siapa saja tanpa ada batasan usia. Namun, berbeda jika sakit pinggang dirasakan oleh ibu yang sedang hamil, karena ada hubungannya dengan janin yang sedang di kandungnya. Lalu apa saja Penyebab Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil ? Simak penjelasannya dibawah ini secara lengkap :

Penyebab Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil

Nyeri pinggang selama kehamilan berhubungan dengan sejumlah paktor. Beberapa perempuan mulai mengalami sakit pinggang bagian bawah di saat masa-masa kehamilan pertama. Perempuan yg terberesiko buat nyeri punggung ialah mereka yg kelebihan berat badan atau mempunyai nyeri punggung sebelum kehamilan. Bila dilihat dengan cara medis, sakit pinggang saat hamil umumnya terjadi di mana panggul memenuhi tulang belakang, di sendi sacroiliac.

Bila kita saat ini mengidap nyeri pinggang, kita tampaknya tak perlu terlalu khawatir, perkara tersebut sebab laporan yg menunjukkan antara 50 hingga 70 persen perempuan hamil prenah mengalami atau bakal mengalami nyeri punggung. Studi menunjukkan bahwa sakit pinggang bawah di kehamilan umumnya terjadi antara bulan kelima & ketujuh. Dalam beberapa kasus, sakit kehamilan di punggung bawah bisa mulai lebih awal yakni antara 8 hingga 12 minggu sesudah hamil.

Ada 2 tanda lain yg kerap dirasakan oleh ibu hamil selain nyeri pinggang, seperti sakit punggung bawah & sakit panggul belakang.

Apa saja faktor penyebab nyeri pinggang di ibu hamil ?

Seperti yg sudah disinggung diatas, faktor penyebab nyeri pinggang di saat hamil sungguh beraneka ragam dari mulai dampak perubahan hormon, berat badan & perubahan postur. Dibawah ini beberapa faktor penyebab nyeri pinggang di perempuan hamil, diantaranya :

Berat badan.

Selama kehamilan yg sehat, perempuan umumnya memperoleh antara 25 & 35 pound. Tulang belakang mesti mendukung berat badan yang. yg bisa mengakibatkan sakit punggung bawah. Berat dari tumbuh bayi & rahim pun menempatkan tekanan di pembuluh darah & sarap di panggul & kembali.

Perubahan postur.

Kehamilan menggeser pusat gravitasi. Dampaknya, kita mungkin dengan cara bertahap – bahkan tanpa memerhatikan – mulai menyesuaikan postur tubuh kita & tips kita bergerak. perkara tersebut bisa menyebabkan nyeri punggung atau regangan.

Rahim Semakin Membesar

Semakin bertambah besarnya rahim dapat memunculkan epek nyeri pinggang. umumnya ibu hamil mulai menyondongkan tubuhnya menuju arah belakang buat menurunkan rasa nyeri, tapi sebenarnya itu ialah solusi yg salah. Menyondongkan belakang saat hamil justru dapat mengakibatkan nyeri dibagian punggung & terasa lebih sakit. karena itu, sebaiknya ibu hamil melakukan senam kehamilan atau senam yoga supaya otot tubuh dapat lentur & nyeri pinggang dapat teratasi.

Perubahan hormon.

Selama kehamilan, tubuh kita membuat hormon yg disebut relaksin yg memungkinkan ligamen di daerah panggul buat bersantai & sendi jadi longgar dalam persiapan buat proses kelahiran. Hormon yg sama bisa mengakibatkan ligamen yg mendukung tulang belakang buat melonggarkan, mengakibatkan ketakstabilan & sakit.

Stres. Stres emosional bisa mengakibatkan ketegangan otot di belakang, yg bisa dirasakan sebagai sakit punggung atau kejang kembali. kita mungkin menemukan bahwa kita mengalami peningkatan sakit punggung selama periode stres kehamilan Anda.

posisi tubuh salah

Nyeri pinggang pun dapat terjadi sebab salah posisi dalam melakukan aktipitas, contohnya di saat tidur, jongkok, berdiri & lain – lain. Oleh karena itu, ibu hamil mesti berhati – hati dalam melakukan aktipitas sehingga tak hingga mengalami nyeri pinggang yg terlalu parah. buat faktor penyebab pertama & kedua anda tak dapat mengelak, tapi faktor penyebab yg ketiga tersebut dapat anda jauhi dengan memperhatikan beberapa cara berikut ini :

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Wanita yang hamil perlu pengetahuan lebih bagaimana cara merawat kesehatannya. Jangan asal asalan, karena kesalahan sedikit saja bisa fatal bagi kesehatan janin anda. Nah untuk itu, sebaiknya lakukan dengan cara yang tepat untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil. Diantaranya sebagai berikut :

Memakai pakaian yg tepat

Cara yg pertama ialah dengan tips memakai pakaian yg tepat. Saat sedang bekerja ataupun sedang beraktipitas di luar ruangan, apstikan kita memakai baju ataupun celana khusus buat ibu hamil. Selain itu, kita pun mesti mengimbanginya dengan memakai sepatu hak rendah. Beberapa perempuan hamil menyatakan bahwa memakai pakaian khusus hamil bisa membuat tubuh lebih nyaman.

Berlatih sikap tubuh yg baik

Mengingat bahwa janin yg kita kandungan bakal berkembang dalam setiap harinya, maka gravitasi tubuh kita bakal berpindah menuju depan. buat mencegah kita terjatuh dampak pertambahan berat badan ini, kita dapat mencari sandaran buat punggung. Beberapa sikap tubuh yg baik antara lain, berdiri dengan tegak, pastikan pundak kita bersandar menuju belakang dengan rileks. Saat bakal duduk, pilihlah kursi yg bisa menyokong pinggang kita dengan baik atau tempatkan sebuah bantalan kecil dibelakang punggung bawah Anda.

Tidur menyamping

Cara mengobati nyeri pinggang saat hamil selanjutnya ialah dengan tidur menyamping. Saat hamil, pastikan kita tak tidur dengan punggung, & sebaiknya tidur dengan posisi menyamping & salah satu atau kedua lutut tertekuk. Memakai bantal yg seukuran dengan tubuh atau menempatkan satu bantal diantara lutut pun bisa membantu posisi tidur Anda.

Latihan pisik atau senam hamil

Aktivitas pisik yg rutin dalam setiap harinya pun bisa merawat pinggang tetap kuat & juga bisa mengobati nyeri pinggang selama kehamilan. kita dapat melakukan beberapa olahraga yg baik buat ibu hamil. namun pastikan kita telah mempunyai persetujuan docter tentang aktivitas pisik yg kita lakukan. Apakah keadaan kita memungkinkan buat melakukan aktivitas tersebut atau tak.

Mengangkat benda dengan posisi yg tepat

Berikutnya ialah mengangkat benda dengan posisi yg tepat. Tak menutup kemungkinan bila ibu hamil mesti bekerja. Saat ibu hamil bekerja, saat bakal mengangkat benda, pastikan kita berjongkoklah kemudian angkat tubuh dengan memakai kaki & tidak boleh menekuknya di bagian pinggang atau mengangkat dengan pinggang Anda. bila tak sanggup tidak boleh terlalu dipaksakan, kita dapat mencari bantuan orang lain.

Menggunakan sepatu yg tepat

Sebaiknya ibu hamil menggunakan sepatu yg pas, tak terlalu rendah, tak terlalu kaya & nyaman digunakan. Ibu hamil tak diperkenankan menggunakan sepatu atau sandal dengan hak kaya (high heels) sebab dapat memunculkan tekanan di daerah panggul & tulang belakang. Selain itu, menggunakan sepatu hak kaya bisa menurunkan keseimbangan tubuh & nyeri di bagian pinggang.
[baca pun : faktor penyebab kaki bengkak saat hamil]

Hindari duduk dan berdiri terlalu lama

Berdiri terlalu lama dapat memunculkan epek nyeri pinggang oleh sebab persendian & otot terlalu lelah. Jika kita mesti berdiri dalam waktu agak lama, usahakan berdiri dengan satu kaki diangkat atau posisinya lebih tinggi (menginjak tempat yg lebih tinggi). Berdirilah dengan posisi tegak dada tegap, & tidak boleh terlalu lama. Selain tak berdiri dalam waktu yg lama, ibu hamil sebaiknya pun tak duduk terlalu lama.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Nyeri pinggang yg dialami ibu hamil itu menunjukkan perlunya asupan kalsium di tulang. Terapkan pola konsumsi sehat & perbanyak mengonsumsi makanan berkalsium kaya supaya nyeri pinggang reda. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih supaya tubuh tak kekurangan cairan, sebab bila tubuh kurang cairan dapat menambah rasa nyeri pinggang.

Lakukan latihan fisik

Ibu hamil justru mesti melakukan oleh raga dengan cara teratur supaya badan segar, tegar & bugar. Tidak boleh malah sebaliknya, ibu hail kerap tidur & bermalas – malasan tanpa mau berolah raga sama sekali. Pilihlah olah raga yg ringan saja, seperti berjalan kaki, senam kehamilan, senam yoga, senam pernapasan, renag & lain – lain. Dengan olah raga ringan dengan cara teratur, keluhan nyeri dibagian tulang, otot & persendian semakin sedikit.

Miliki posisi tidur yg benar

Posisi tidur yg baik untuk ibu hamil ialah menyamping dengan meletakkan bantal di sela kedua lutut kaki. Tidak boleh tidur dengan posisi terlentang, karena dapat berepek kurang baik untuk janin & terasa kurang nyaman. buat memperoleh tidur yg lebih nyaman, kita dapat membeli bantal khusus buat ibu hamil yg banyak dijual di pasaran.

Lakukan pemijatan

Ibu hamil dapat mengobati nyeri pinggang dengan tips dipijat dengan cara lembut. kita dapat minta tolong kepada suami atau salah satu anggota keluarga buat melakukan ini. Ingat, kita hanya perlu memijat dengan lembut, tak perlu keras maupun kasar. Sebaiknya olesi pinggang dengan lotion atau baby oil sebelum dipijat.

Hindari mengangkan beban yang berat

Nyeri pinggang untuk ibu hamil memang sering terjadi, tapi bukan berarti tak dapat diantisipasi. Bila kita mengangkat benda berat saat hamil, risiko nyeri pinggang semakin besar. Bila mengambil sesuatu yg terdapat di lantai, pastikan kita ambil dengan posisi duduk jongkok, tidak boleh paksakan membungkuk sebab dapat menekan perut.

Nyeri pinggang saat hamil muda memang perkara yg wajar, tapi tidak boleh diremehkan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan kehamilan dengan cara rutin minimal sebulan sekali buat mengetahui perkembangan janin. Bila nyeri pinggang yg dirasakan dibarengi dengan kram hebat di bagian perut, segera datang menuju docter, tidak boleh ditunda – tunda. 

http://www.caramenghilangkancairanditelinga.com

Penyebab Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *